Cara Sederhana Dan Termudah Berbagi Akses Internet Telkom Speedy

Cara Sederhana Dan Termudah Berbagi Akses Internet Telkom Speedy

 

Latar belakang

Seiring dengan berkembangnya penggunaan teknologi telekomunikasi termasuk di dalamnya teknologi komunikasi data memberi perubahan yang cukup signifikan kepada masyarakat dalam mengakses informasi. Hal ini juga berdampak pada terjadinya konvergensi layanan.

Sebagai contoh dampak positif dari terjadinya konvergensi layanan yaitu dengan pesatnya perkembangan teknologi xDSL pada jaringan akses kabel tembaga, sehingga menciptakan layanan baru bagi pengguna eksisting layanan POTS. Kesempatan ini memberikan peluang bagi perusahaan – perusahaan telekomunikasi yang telah bertahun – tahun menggunakan jaringan akses kabel tembaga untuk layanan POTS dan dial-up (komunikasi data kecepatan rendah) untuk menghasilkan sumber revenue baru dengan menggunakan jaringan akses eksisting.

Salah satu incumbent operator yang telah memperlihatkan perkembangan yang cukup positif dari teknologi xDSL ini adalah PT. Telekomukasi Indonesia, Tbk. yang telah meluncurkan layanan internet berbasis teknologi ADSL dengan Telkom Speedy. Kini Telkom dengan layanan Telkom Speedy nya direspon dengan sangat positif bukan hanya oleh pelanggan eksisting tetapi juga oleh calon pelanggan baru terlihat dari meningkatnya jumlah calon pelanggan baru. Telkom Speedy merupakan layanan internet kecepatan tinggi (broadband internet access) hingga 1 mbps dengan menggunakan teknologi ADSL pada jaringan akses kabel tembaga.

Formulasi permasalahan

Pada pelanggan personal saat ini layanan speedy tersebut kebanyakan digunakan hanya untuk keperluan browsing, chatting, e-mail, blogging, dan beberapa layanan konten lainnya yang tidak membutuhkan terlalu banyak bandwidth. Sehingga kemampuan Speedy yang dapat mencapai kecepatan 1 mbps tidak maksimal. Hal ini menyebabkan penggunaan layanan Speedy untuk keperluan layanan konten yang tidak membutuhkan bandwidth yang besar menjadi tidak efisien.

Penyelesaian masalah

Bagi pelanggan yang memiliki lebih dari satu komputer dan ingin mengakses layanan internet Speedy secara bersama – sama dapat menggunakan fasilitas internet connection sharing (ICS)  pada sistem operasi Microsoft Windows. Dalam hal ini penulis akan memberikan langkah – langkah dalam mengkonfigurasi komputer server dan client untuk dapat berbagi akses internet dengan menggunakan sistem operasi Microsoft Windows XP dengan asumsi koneksi speedy telah dikonfigurasi pada komputer server dan telah berhasil melakukan akses internet. Untuk pegguna dengan sistem  operasi lainnya prinsip nya adalah sama.

 

Peralatan yang dibutuhkan :

  • 1 unit komputer lengkap dengan 2 unit LAN Card berikut untuk dijadikan server/gateway
  • Opsional 1 unit switch/hub lengkap dengan kabel utp straight (lurus) jika jumlah komputer yang akan berbagi akses lebih dari 2 unit

 

Langkah – langkah pada komputer server :

  • Setelah login pada sistem operasi Windows XP, klik “START” > “Control Panel”
  • Klik ganda pada ikon “Network Connections”
  • Klik kanan pada ikon LAN Card yang terhubung ke modem speedy / ke ISP kemudian pilih “Properties”
  • Klik tab “Advance”
  • Beri tanda pada pilihan “Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection” dan “Allow other network users to control or disable the share internet connection”
  • Kemudian klik OK
  • Kembali ke windows “Network Connections” Klik kanan pada ikon LAN Card yang terhubung ke komputer klien ( ke switch/hub untuk koneksi lebih dari 2 komputer) kemudian pilih “Properties”
  • Atur alamat IP satu segmen (1 kelas IP) dengan IP klien misalnya IP komputer server : 192.168.0.1 dan IP komputer klien : 192.168.0.2

 

Langkah – langkah pada komputer klien :

  • Setelah login pada sistem operasi Windows XP, klik “START” > “Control Panel”
  • Klik ganda pada ikon “Network Connections”
  • Klik kanan pada ikon LAN Card kemudian pilih “Properties”

·         Atur alamat IP satu segmen (1 kelas IP) dengan IP server misalnya IP komputer server : 192.168.0.1 dan IP komputer klien : 192.168.0.2

 

  • Klik “OK”
  • Setelah itu lakukan pengetesan dengan melakukan ping ke komputer server dari komputer klien. Jika ping berhasil coba lakukan test koneksi.

Kesimpulan dan saran

Dengan telah terbentuknya internet connection sharing tersebut maka pengguna dapat melakukan akses internet dari sejumlah komputer dengan menggunakan 1 akun (user speedy) sehingga lebih efisien.

Namun penulis menyarankan agar setiap komputer yang sudah terkoneksi ke internet tersebut dilengkapi dengan sekuriti dan perlindungan yang cukup berupa antivirus,firewall, dan patching yang selalu terupdate untuk menghindari dari serangan virus, malware, adware, worm, dan lain sebagainya.

 

 

Sumber  :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: